Selasa, 28 Januari 2014




BAB V

KEPEMIMPINAN



1. Arti pemimpin
Sejak manusia ada di muka bumi ini sebenarnya sudah mengenal akan hubungan dengan orang lain dalam pengertian pemimpin dan di pimpain hanya saja dahulu kala dapa tersadari oleh manusia itu sendiri

2. Siapakah pemimpin itu
Dalam bahasa inggris pemimpin di sebut leader akar katanya to lead. Dalam kata itu terkandung beberapa arti yang saling erat berhubungan,, maka seorang pemimpin adalah orang yang bergerak lebih awal ,berjalan di depan , mengambil langkah pertama dan laen sebagainya,seorangf pemimpin harus mampu mengarahkan fikiran pendapat tindakan orang lain ,menuntun pergerakan orang laen melalui pengaruhnya.


Beberapa Difinisi Mengenai pemimpin

  1. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakepan dan kelebihan khususnya kecakepan kecakepan di satu bidang,
  2. Menurut Heny pratt Fairchild, pemimpin adalah seorang yang memimpin dengan jalan memprakesi tingkah laku sosial dengan mengatur,menunjukan, mengorganisir, atau mengontrol usaha upaya orang lain,
  3. John Gage Alle menyatakan “lider ..a guid; a conduktor, a comsnder ( pemimpin itu ialah pemandu, penunjuk, penuntun,pedoman,)
  4. Pemimpin ialah kepala aktual dari organisasi partai di kota , dusun atau bagian bagian lainnya.

Dari beberapa definisi yang di kemukakan dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut:

Pemimpin adalah pribadi yang memiliki kecakepan khusus , dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat mempengaruhi kelompok yang di pimpinnya ,untuk melakukan usaha bersama pengarah pada pencapen saran saran tertentu.
Unsur unsur yang penting dalam kepemimpinan
1.      Tujuan dan cita cita
2.      Organisasi kerja
3.      kepribadian dan mheahlian

Kegiatan pemimpin
Inti kepempinan adalah membawa membawa mereka yang di pimpin menuju ketujuan dan cita cita yang sam
Mencapai tujuan
Tujuan dan cita cita yang mau di gapai bersama biasanya jauh  dan tinggi biasanya pemimpin berusaha agar tujuan dan cita cita pokok itu dapat di capai setapak demi setapak melalui kegiatan kecil kecil yang jelas sasarannya

Membuat Rencana Kerja

Membuat rencana kerja bermagsud merumuskan tujuan dan cita cita dekat yang mau di capai demi tercapainya tujuan demi tercapai tujuan dan cita cita yang sama.

Melaksanakan Rencana kerja
Rengana kerja betapa pun baiknya tidak ada gunanya bila tidak di laksanakan. Dalam kegiatan bersama rencana kerja yang sudah masak di tuangkan dalam bentuk kepenitian kerja.

Menilai hasil kerja
Kegagalan kegiatan bersama terjadi karena para anggota tidak membuat penilain atas kegiatan yang sudah di laksanakan.

Hal hal yang mendukung usaha
Untuk mendukung tercapinya tujuan dan cita cita bersama iyu pemimpin perlu memperhatikan beberapa hal . tanpa menyebut mana yang lebih penting , pada pokoknya hal hal itu meliputi:

1.      Usaha membina kekompakan kelompok
2.      Menjaga kedesiplinan kerja
3.      Mengusahkan Hubungan Erat dengan Orang orang yang di pimpinnya
4.      Memelihara sikap awas dan waspada

ARTI KEPEMIMPINAN

Perubahan perubahan dalam organisasi sejarah dan masyrakat timbul dari usaha usaha sejumblah individu individu yang superior,
Kepemimpinan dapat di depenisikan sebagai berikut : kepemimpinan adalah hubungan di mana satu orang yakni memimpin,mempengaruhi pihak lain untuk bekerja sama secara sukarela dalam usaha mengerjakan tugas tugas yang berhubungan untuk mencapai hal yang di inginkan oleh pemimpin tersebut.

Seseorang dapet disebut pemimpin apa bila memenuhi syarat syarat yaitu:
·         kekuasaan
·         kewajiban
·         kemampuan
Gaya kepemimpinan
Seseorang ahli yang bernama Bleke dan muton mengemukakan 5 macam gaya ke pemimpinan antara lain:

1.      Gaya kepemimpinan Terburuk
2.      Gaya kepemimoinan yang berorentasi terhadap manusia
3.      Gaya kepemimpinan yang berorentasi kepada produksi
4.      Tipe kepemimpinan yang kopromis
5.      Tipe kepemimpinan yang Eksekutif

WEWENANG KEPEMIMPINAN
Apabila seseorang pemimpin ingin mencapai tujuan dengan efektif maka ia harus mempunyai wewenang untuk memimpin para bawahannya dalam usaha untuk mencapai hal tersebut

Mengenai hal ini paling sedikit ada 2 pendapat sumber tentang wewenang yaitu:
  • Top down authority. Wewenang ini berasal dari atasan yang berarti seseorang presiden derektur misalnya menunjuk seseorang yang di anggap mampu untuk menjadi kepala bagian penjualan.
  • Bottom up authority wewenang berasal dari bawahan yaitu pemimpin (di terima) oleh karena yang akan menjadi bawahannya .
  • Kriteria untuk memilih seorang pemimpin
Untuk memilih seorang pemimpin maka kita harus menentukan krieria untuk memilih seorang pemimipin dari daftar kewajiban yang harus di lakukan oleh seorang  pemimpin yaitu paling tidak seorang pemimpin mampu memimpin bawahannya agar mencapai tujuan yang di cita citakan sebelumnya.

Sebagai sifat yang berguna sebagai seorang pemimpin  yaitu:
v  Keinginan untuk menerima tanggung jawab
v  Kemampuan untuk bisa ’’ perceptive’’
v  Kemampuan untuk bersikap objektif
v  Kemampuan untuk menentukan priolitas
v  Kemampuan untuk berkomunikasi
6.KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI
Dalam mempelajari Kepemimpinan di dalam organisasi tidak terlepas dari menajemen untuk memberikan rumusan tentang yang dielajari dari seharusnya mencakup total sistem dari pada organisasi yang menjadi obyek untuk di pimpin oleh manejer. Menejemen di magsudkan sebagai Suatu proses penetepan imput organisasi (sumber ekonomis manusia ) dengan melakukan perencanaan ,pengorganisasian ,pemimpin, dan pengawasan.

Sebab sabab timbulnya seorang pemimpin
Ada tiga teori yang menjelaskan munculnya kepemimpinan yaitu:
1.      Teori genitis
2.      Teori sosial
3.      Teori Ekologis
Hubungan antara bawahan dan pemimpin dalam satu Organisasi
Timbulnya organisasi adalah karena ada orang orang yang mempunyai magsud sama,kemudian bergabung untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati bersama. Oleh karena sekelompok orang yang bekerja sama itu berbeda dalam lingkungan hidup antara lain dalam situasi geografis dan iklim tertentu,situasi sosil dan ekonomi politik dan kebudayaan masyrakat tetentu maka situasi dan kondisi tersebut akan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan organisasi.

Kekuatan seseorang untuk Dapat Memimpin suatu Organisasi
Konsepsi Kepemimpinan pada umumnya memusatkan perhatian kepada kepribadian pemimpin dengan kualitas kualitas yang unggul,mempunyai intelegesi, inisiatif,kemampuan melaksanakan supervisi,dan kemampuan mengambil keputusan yang tepat pada waktu dan kondisi tertentu dengan suksesnya kepemimpinan.
Sifat sifat pemimpin harus sesuai dengan kebutuhan kelompok yang bersanghutan dan cocok dengan situasi serta zamannya.
Suatu kerangka kekuatan yang berhubungan dengan pengaruh kepemimpinan yaitu:

a.       kekuatan yang dikaitkan dengan faktor  organiatoris

Pemimipin yang bersangkutan mengandalkan diri pada kekuasaannya untuk memaksakan keinginan kepada para pengiktnya. Misalnya dengan jalan : mengadakan penekanan, sanksi-sanksi, apabila ternyata bawahannya tidak menyetujui tindakan pemimpin atau menentang instruksi atasannya.

b.      Kekuatan yang dikaitkan dengan faktor ndividual
pemimpin mmiliki ketrampilan teknis dan sosial, pengetahuan, pengalman,serta keahlian khusus. Atau kekuatan yang timbul di dsarkan atas idenfisikasi atau penyamaan diri dari pengikut terhadap pemimpin yang dikagumi dan d hargai.

Cara Memilih Pemimpin               
sebagai seoang pemimpin,seringksli di tuntuk tnuntut untuk memilih siapa yang akan menjadi pembantu pembantunya untuk memilih siapa yang akan menjadi pembantu pembantunya.
seorang pemimpin menerima tanggung jawabu ntuk mencapai juga harus menrima risiko risiko yang mungkin timbul. seorang pemimpin kan pula mendapatkan tekanan dari bawahan maupun dari berbagai pihak lain.
       setiap pemimpin perlu mempunyai daya pengamatan terhadap semua bawahan, agar pemimpin dapat melihat kemampuan, kelemahan dan semangat yang ada pada bawahan,sehingga dapat memberikan perhatian atas pelaksanaan kerja pra bawahan.
Faktor objektifitas merupakan kemampuan untuk dapat melihat masalah masalah secara rasional maupun tidak rasional, objekektifitas dapat membantu pimpinan untuk menekan eminimum mungkin faktor faktor pribadi,yang akan di gunakan untuk pengambilan keputusan.
5.KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF
Pemimpin pemimpin yang efektif merupakan orang orang yang bermotivasi tinggi. Mereka dengan suka rela berusaha mencapai sasaran sasaran tinggi da menetapkan standar standar prestasi tinggi bagi mereka sendiri.
          Seorang pemimpin berusaha mengubah keinginan seorang untuk melaksanakan sesuatu hal, ia akan menunjukan arah yang harus di tempuh dan membina anggota kelompok ke arah penyelesaian hasil pekerjaan kelompok ke arah penyelesaian hasil pekerjaan kelompok.
          Perubahan perubahan organisasi, sejarah dan masyarakat dari usaha usaha sejumblah individu individu yang superior. indiviu individu tersebut mendedikasi diri mereka terhadap misi misi tertentu.
          Di dalam kelompok ada pengaruh yang timbul dari hubungan antara pemimpin dan anggota kelompok, magsudnya terdapat interaksi atau reaksi orang orang secara timpal balik di dalam sebuah kelompok.
          Seorang pemimpin mempunyai sebuah misi atau tujuan ang ingin di capainya,ia akan berusaha menarik para pengikutnya hingga mencapai tingkat pretasu=i yang cukup memuaskan.
          Memang sebagai seorang pemimpin, pemimpin harus mempunyai sifat seperti di atas agar dia dapat menjalankan kelompok.Oleh karenanya bagai mana seseorang agar dapat menjadi seorang pemimpin yang berkualitas sangat perlu di ketahui agar calon pemimpin tersbut dapat berbuat berbuat sesuai dengan apa yang telah di renncanakan dan menjadi seorang pemimpin yang betul betul dapat memimpin anak buahnya untuk mengarahkan mereka pada tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu.
          Untuk menjadi pemimpin yang baik sesuai dengan apa yang akan di bahas yaitu bagai mana seseorang dapat menjadi seorang yang dapat mempengaruhi pihak lain untuk bekerja sama secara sukarela dalam usaha mengerjakan tugas tugas yang berhubungan untuk mencapai apa yang di harapkan dan dapat mengembangkan kelompok yang di pimpinnya, harus memenuhi syarat syarat seperti apa yang di sebutkan di bawah ini:

1.      Realitas
Seorang pemimpin harus dapat merencanakan sesuatu yang nyata bukannya yang muluk muluk .
2.        Banyak akal
Di dalam suatu organisasi seorang pemimpin harus mempunyai banyak akal untuk dapat mengatasi masalah masalah yang akan di hdapi atau yang sedang di hadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar